Entity Relationship Diagram (ER-Diagram)

ER-Diagram adalah suatu penyajian data dari hasil identifikasi terhadap obyek di dunia nyata dalam bentuk entity dan relationship sebelum diimplementasikan dalam suatu basis data. Atau dapat dikatan bahwa bahawa ER-Diagram adalah tahap perancangan suatu basis data.
Ada 3 hal yang perlu diketahui pada ER-Diagram yaitu Entity, Attribute, dan Relationship.
  • Entity
Entity adalah obyek yang dapat dibedakan dalam dunia nyata. Adapun kumpulan dari entity yang memiliki attribute yang sama disebut sebagai entity set. Berikut adalah contoh entity set beserta anggota dari entity set (entity) :
Gambar Entity Set dan Anggotanya (Entity)
  • Attribute
Attribute adalah karakteristik dari entity atau relationship yang menyediakan penjelasan detail tentang entity atau relationship tersebut. Contoh dari attribute Mahasiswa adalah Nim, Nama, Alamat, Tgl_Lahir, No. Hp, Hoby, dan lain-lain. Terdapat beberapa jenis attribute diantaranya :
- Attribute Simple : Attribute yang bernilai tunggal (Hanya mengandung sebuah informasi saja). Contoh attribute simple adalah Tgl_lahir.
- Attribute Multivalue : Attribute yang mempunyai banyak nilai. Contoh attribute multivalue adalah Hoby. Seorang mahasiswa dapat memiliki hobi lebih dari satu seperti sepak bola, renang, karate, membaca, nonton tv, dan lain – lain.
- Attribute Composite : Attribute yang terdiri dari beberapa attribute yang lebih kecil. Contoh attribute composite adalah Alamat. Alamat terdiri dari Jalan, No. Rumah, RT/RW, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Propinsi.
- Attribute Derivatif : Attribute yang dihasilkan dari attribute lain. Contoh attribute derivatif adalah Umur yang dihasilkan dari attribute Tgl_lahir.
- Attribute Key
o   Primary Key : Attribute yang digunakan untuk menentukan suatu entity secara unik (Attribute yang membedakan suatu entity dengan entity lainnya dalam satu entity set yang sama). Contoh dari attribute key adalah Nim. Seorang mahasiswa tentunya memiliki Nim yang berbeda dengan mahasiswa lainnya.
o   Foreign Key : Suatu attribute dalam suatu entity yang menunjuk ke attribute primary key yang lain. Misal terdapat tabel dosen wali, maka Nip menjadi primary key, dan Nim mahasiswa yang menjadi primary key pada tabel mahasiswa menjadi foreign key pada tabel dosen wali.
  • Relationship
Relationship adalah hubungan yang terjadi antara satu atau lebih entity. Adapun kumpulan dari relationship sejenis disebut dengan relationship set.
·         Derajat Relationship : Menjelaskan jumlah entity yang berpartisipasi dalam suatu relationship set.
- Unary Degree (Derajat Satu) : Suatu entity  yang mempunyai relasi terhadap dirinya sendiri.
Gambar Unary Degree
- Binary Degree (Derajat Dua) : Terdapat dua entity yang saling berhubungan.
Gambar Binary Degree
- Ternary Degree (Derajat Tiga) : Terdapat tiga entity yang saling berhubungan.
Gambar Ternary Degree

  • Cardinality Ratio : Menjelaskan jumlah keterhubungan satu entity dengan entity yang lain
-  1 : 1 (One to One) : entity pada entity set A berhubungan dengan paling banyak satu entity pada entity set B. Contoh seorang dosen yang mengepalai jurusan.
- (1 : N) / (N :1)   : entity pada entity set A berhubungan dengan sejumlah entity pada entity set B. Contoh seorang dosen yang mengajar beberapa mata kuliah.
- M : N   : setiap entity pada entity set A dapat berhubungan dengan banyak entity pada entity set B, begitupula sebaliknya. Contoh seorang mahasiswa dapat mengambil beberapa mata kuliah, dan satu mata kuliah diambil oleh banyak mahasiswa.





  • Participation Constraint : Batasan keikutsertaan dari suatu entity terhadap hubungannya dengan entity yang lain. 
- Total Participation : menyatakan instance dari suatu entity harus berhubungan dengan instance dari entity lainnya. 
- Partial Participation : menyatakan setiap instance dari suatu entity tidak harus berhubungan dengan instance dari entity lainnya. 
- Contoh : setiap jurusan harus dipimpin oleh seorang kajur/dosen (total participation) dan tidak semua dosen  memimpin suatu jurusan (partial participation).
Participation Constraint
  • Weak Entity : suatu entity yang mana keberadaannya tergantung dari keberadaan entity lain. Entity induk disebut Identifying Owner dan relationshipnya disebut Identifying Relationship. Weak entity selalu mempunyai total participation constraint terhadap Identifying Owner. Contoh : entity tanggungan keberadaannya bergantung pada mahasiswa.

  • Simbol – Simbol ER-Diagram






 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ka, ini sumbernya dari buku bukan? minta referensinya donk. thanks